News Update

Hai Movie Lovers!!

Good News nihh...

Sekarang kamu bisa order DVD Ultimate & DVD Regular "Catatan Harian Si Boy" serta DVD Premium & DVD Regular"Demi Ucok" loohhh secara online....

Ga perlu repot nyari di mall atau di tempat lain lagi, kamu bisa langsung pesan online melalui VEI dan pesanan kamu langsung tiba di depan pintu rumah :)

"Catatan Harian Si Boy" Ultimate Edition @Rp. 99.000,-

Bonus: Special Features disc (Behind the Scenes, Director’s Statement, Bloopers, Deleted Scenes, Charity Auction, The Journey, Photo Gallery, Trailers), Booklet & Postcard

"Catatan Harian Si Boy" Regular Edition @Rp. 49.000,-

Bonus: Postcard

"Demi Ucok" DVD Premium @Rp. 79.000,-

Bonus: Special Features (Behind the Scenes, Deleted Scenes, Photo Gallery, Poster Gallery, Video Clips, Trailers), Stickers, Booklet, Postcard

"Demi Ucok" DVD Regular @Rp. 49.000,-

Bonus: Postcard

*harga belum termasuk ongkir

Yang mau order bisa langsung melalui:

fb: facebook.com/VideoEzyIndonesia

twitter: @videoezyind

email: michelle.dharmawan@videoezy.co.id

Ditunggu yaaa pesanan kamu :)

Senin, 22 April 2013

DVD Player Cepat Rusak? Ini Tips nya...


Hai Movie Lovers, mimin sering kali mendengar baik para member maupun petugas SA (service attendants) di outlet VE yang mengeluh bahwa DVD player di rumah maupun di toko sering rusak.


Memang sih, jaman sekarang ini DVD player bukanlah termasuk barang mewah lagi, tidak seperti 1 dekade yang lalu. Saat ini kita bisa menemukan banyak sekali DVD player buatan Cina maupun lokal yang harganya sangat terjangkau. Tapi kan tetap saja sayang kalau cepat rusak. Walaupun murah, tetap dibeli dengan uang kan? Dan kita semua tahu jaman sekarang mencari uang itu sangat sulit.

Kalau DVD player anda rusak, jangan langsung serta merta menyalahkan ‘pembuat’ DVD player tersebut. Seringkali mimin mendengar ada orang yang berkomentar “Ngga heran cepet rusak, DVD murahan sih, buatan Cina. Ga ada mereknya”. Eittss.. jangan asal tuduh si pembuat DVD player. Tidak peduli buatan negara mana atau apakah bermerek terkenal atau tidak, terkadang yang menyebabkan DVD player cepat rusak adalah si pengguna DVD player tersebut. Ini pengalaman pribadi mimin loh, DVD player mahal merek terkenal H*rm*n K*rd*n punya mimin dirumah yang harganya jutaan rupiah lebih cepat rusak dibandingkan DVD player murah meriah seharga dua ratus ribuan merek ga jelas di rumah teman.

Koq bisa? Ternyata selidik punya selidik, kesalahan ada di mimin sendiri yang tidak cakap dalam merawat dan menjaga DVD player di rumah.

Hmm… Lalu sebenernya gimana sih cara menjaga DVD player supaya awet dan tidak cepat rusak?

Setelah melakukan research kecil-kecilan, akhirnya sekarang mimin paham gimana caranya supaya DVD player tidak cepat rusak dan sekarang mimin mau share knowledge dengan movie lovers sekalian.

Ternyata, umur rata-rata sebuah DVD player yaitu antara 4-5 tahun, walaupun dalam beberapa kasus ada yang tahan lebih lama dari 5 tahun (tergantung cara pemakaian dan perawatan). Tapi umumnya, tidak peduli DVD player mahal atau murah memiliki usia hanya 5 tahun pemakaian saja.

Nah, buat yang suka numpuk-numpuk barang elektroniknya, termasuk DVD playernya (tujuan awalnya sih biar hemat tempat, maklum rak TV di rumah sempit), hal ini sangat sangat dilarang. DVD player tidak boleh ditumpuk di atas alat elektronik lainnya dan sebaliknya, alat elektronik apapun juga tidak boleh diletakkan di atas DVD player. Dan jangan diletakkan di tempat yang berantakan, terutama dalam rak atau cabinet tertutup. Selain itu, DVD player harus diletakan dalam temperatur ruangan. Jadi jangan terkena suhu yang panas atau dingin. Intinya DVD player anda harus senantiasa adem dengan suhu ruangan.

Lalu kalau anda mau memindahkan DVD player anda ke tempat lain, jangan lupa matikan dulu power on/off nya sebelum mencabut kabel-kabelnya dan pindahkan secara perlahan. Soalnya kalau kena sentakan sedikit saja bisa mempengaruhi komponen interior dari DVD player dan bisa rusak.

Sering kali penyakit yang ada pada DVD player adalah player tidak berfungsi dan tidak mau memutar cakram. Jangan panik dulu, kita bisa mencoba mengobati penyakit ini sebelum berpikir untuk membeli DVD player baru. Kemungkinan besar terdapat debu pada lensa DVD sehingga tidak dapat memutar cakram. Oleh karena itu, gunakanlah peralatan pembersih DVD player pada lensa yang bisa di beli di toko-toko elektronik penjual DVD player atau bahkan toko yang menjual DVD.  Jangan sembarangan menggunakan peralatan pembersih ya, yang ada bukannya betul malah makin rusak DVD playernya. Lalu untuk menjaga agar cakram bebas dari goresan dan debu, kita harus selalu menyimpan cakram tersebut pada kotak/tempatnya.



Nah, kalau sudah dibersihkan tapi masih tetap tidak berfungsi atau tidak bisa memutar cakra, mungkin sudah saatnya anda mempertimbangkan untuk membeli yang baru. Kenapa membeli yang baru, bukan di servis saja? Karena sekarang ini, biaya servis dengan biaya beli DVD player baru hampir sama mahalnya, maka dari itu mungkin ada baiknya untuk membeli player baru saja daripada mengirimnya ke tukang servis karena ada kemungkinan player akan kembali ngadat setelah kembali dari tukang servis.

Jadi intinya:
  1. DVD player tidak boleh diletakkan secara bertumpuk dengan barang elektronik lainnya
  2. DVD player harus diletakkan di suhu ruangan (tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin) dan harus memiliki ventilasi udara yang cukup, terutama ketika sedang digunakan. 
  3. DVD player harus rajin dibersihkan dari kotoran dan debu, terutama pada lensa DVD menggunakan peralatan pembersih khusus.



Demikian tips dari mimin. Semoga tidak ada lagi yang DVD playernya sering ngadat ya. Kalau dulu mimin sering banget numpuk-numpuk alat elektronik, misalnya DVD player mimin tumpuk di atas amplifier. Lalu di taruhnya didalam rak kaca dan tertutup pula, jadi kurang ventilasi. Selain itu, jarang banget dibersihkan DVD playernya sehingga banyak debu menumpuk.

Oh ya, kalau DVD player tidak berfungsi, selain penyebabnya karena lensa DVD playernya yang sudah kotor, ada kemungkinan juga kepingan CD/VCD/DVD yang kotor atau baret. Kalau mau tau gimana cara merawat kepingan CD/VCD/DVD kamu dan bagaimana cara membersihkan kotoran/baretan yang benar dari kepingan CD/VCD/DVD tersebut, pantau terus www.videoezyindonesia.blogspot.com ini yaaa.. :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar